Blog Archive

Thanks For Like My Blog :)

Reizi Senseii

Buat Lencana Anda Soul Eater Logo

Minggu, 13 Januari 2013

Cara membuat file rar dengan memecahnya menjadi beberapa bagian (part)

            Salam Sahabat Headsoft. Kali ini saya akan menjelaskan tentang Cara membuat file rar dengan memecahnya menjadi beberapa bagian (part). Pasti Para Pembaca Sudah tidak asing lagi apabila pengguna komputer terlebih lagi seorang programmer apabila mendengar nama file yang ber-ekstensi rar. Nama_file.rar adalah suatu file yang didalamnya terdapat beberapa kumpulan file-file lainnya, berbagai jenis file dapat mengisi tempat file yang ber-ekstensi rar ini. Bisa disimpulkan file rar adalah sebuah lemari yang dapat diisi dengan berbagai macam benda.
            File rar ini dapat mengkompresi ukuran sebuah atau sekumpulan file yang ada didalamnya, tapi tidak merubah ukuran sebenarnya. Namun apa jadinya apabila file yang kita jadikan rar ini, memakan ukuran yang cukup besar, sedangkan kita ingin mentrasnfer file rar ini melalui sebuah flashdisk atau media lainnya yang ukurannya tidak cukup besar.
            Dalam membuat file rar ini, kita dapat memecahnya menjadi beberapa bagian, sehingga kita dapat leluasa mentransfer data yang besar melalui media yang memiliki memori kecil. Berikut cara membuat file rar dengan memecahnya menjadi beberapa bagian :
1.      Saya menggunakan software “winRar” dalam tutorial kali ini, karena kebanyakan pengguna komputer juga menggunakan software ini.
2.      Siapkan sebuah folder atau file yang akan menjadi isi dari file rar.
3.      Dalam tutorial ini, saya menggunakan folder berukuran sekitar 72mb.



4.      Klik kanan mouse pada folder atau file yang akan menjadi isi dari file rar. Pilih Add to archive..



5.      Kemudian akan muncul jendelan winRar seperti berikut.



6.      Lihat kiri bawah, terdapat kolom dengan judul “Split to volumes, byte”, isi sesuai keinginan Anda. Ingat, isi angka ditambahkan ukurannya, misalnya “mb”, maka kita menambahkan huruf “m” setelah angka yang kita tulis, apabila “kb” makan kita menambahkan huruf “k” setelah angkan yang kita tulis. Karena folder saya tadi berukuran 72mb, saya ingin memecahnya dalam file rar menjadi berukuran masing-masing 20mb, maka saya menuliskan “20m” dalam kolom tersebut.
7.      Maka hasil yang saya buat terdapat 4 bagian rar, karena 72mb dibagi 20mb, terdapat 4 bagian rar. Seperti gambar dibawah ini.



8.      Selesai, file rar terbagi menjadi beberapa bagian.



Dengan melakukan trik tersebut, kita dapat memecah file besar menjadi beberapa bagian, sehingga ketika kita akan memindahkan file besar tersebut dari satu komputer ke komputer lainnya dengan menggunakan media penyimpanan yang tidak cukup memadai. Trik tersebut juga bisa kita gunakan untuk mengupload sebuah file besar yang dapat mengurangi resiko gagalnya mengupload file besar apabila hanya satu file. Semoga artikel ini bermafaat, terima kasih atas kunjungan Anda. ^_^

0 komentar

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.
Create By : Reizi Rahmat Nur Hidayat